#RuangPutar: Anatomi Alienasi bersama Ravi Bharwani

Berencana untuk menyaksikan 27 Steps of May di bioskop? Yuk berkenalan terlebih dahulu dengan Ravi Bharwani, sutradara dari film tersebut.

Pada hari Sabtu, 13 April 2019 kemarin, Untrusted Media berkesempatan menghadiri undangan Ruang dalam acara #RuangPutar: Ravi Bharwani, di mana kami menyaksikan dua film panjang berjudul “Impian Kemarau” dan “Jermal” yang merupakan dua film pertama besutan sutradara Ravi Bharwani.

Impian Kemarau a.k.a. The Rainmaker bisa dibilang sebuah ‘hidden treasure’. Sedikit yang mengetahui tentang film ini, namun mereka yang sempat menyaksikannya tak akan mampu menahan rasa kagum. Berkisah tentang tiga orang yang menyikapi kemarau tandus nan kering di Gunungkidul dengan cara yang berbeda-beda, Impian Kemarau menyajikan keterkungkungan dan keinginan untuk memerdekakan jiwa lewat puisi visual yang disajikan dengan banyak metafora.

Sedangkan Jermal lebih berfokus pada kisah seorang anak laki-laki bernama Jaya yang bekerja secara ilegal di sebuah platform pemancingan di tengah laut. Selama bekerja sekaligus berjuang untuk mendapatkan respect dari kolega yang melecehkannya setiap hari, Jaya mempelajari beberapa fakta mengejutkan tentang ayah kandungnya yang membuat ia marah dan menolak untuk mengakui hal tersebut. Memiliki gaya penceritaan yang lebih ringan dan familiar, Jermal berhasil menangkap konflik kontekstual kelas pekerja secara sentimental sehingga masyarakat dari seluruh lapisan sosial mampu merasakan kepedihan yang dialami oleh orang-orang seperti Jaya dan para tokoh lainnya.

Pada sesi diskusi yang diadakan oleh Ruang, Ravi mengatakan bahwa, “Jermal dan film terbaru saya, #27stepsofmay mempunyai banyak kesamaan. Banyak penonton yang menunjukkan ‘hubungan ayah dan anak’ sebagai sebuah recurring theme yang memiliki makna tersendiri bagi saya, namun bukan. Saya tidak pernah merencanakan hal tersebut. Alienasi, keterbatasan, dan rasa sakit adalah hal yang mendorong saya untuk bercerita lewat film.”

Sudah menonton 27 Steps of May? Film ini bisa kamu saksikan di beberapa bioskop terpilih di seluruh Indonesia.

 

Leave a Reply