Review “Yesterday” (2019) – Romansa Hangat untuk Para Pecinta The Beatles

The Beatles mungkin memang terkenal karena karisma dan penampilan mereka, tapi harus diakui satu hal yang membuat mereka menjadi legenda musik adalah lagu-lagu yang mereka buat. Mulai dari album pertama Please Please Me hingga album terakhir Let it Be, tidak ada satupun lagu yang bisa dikatakan buruk. Semuanya manis, romantis, ajaib, dan tak terlupakan. Maka dari itu, “Yesterday”, film yang disutradarai oleh Danny Boyle (Steve Jobs, Slumdog Millionaire) dan ditulis oleh Richard Curtis (Love Actually, About Time) ini mengangkat kembali keajaiban lagu-lagu tersebut dengan sebuah cerita cinta yang mempunyai konsep unik.

Berkisah tentang Jack Malik (diperankan oleh Hamish Patel) seorang musisi solo yang kurang sukses baik dalam karir maupun percintaan. Bukan karena tidak ada yang menyukainya, namun karena ia tak pernah bisa mengungkapkan perasaannya pada Ellie (diperankan oleh Lily James), teman masa kecilnya yang sebenarnya juga menyukainya. Suatu malam, terjadi pemadaman listrik besar-besaran di seluruh dunia, dan secara mengejutkan, tiba-tiba tidak ada satupun orang yang mengenal The Beatles dan ingat tentang lagu-lagu mereka kecuali Jack. Berbekal ingatannya yang masih kabur, ia mencoba meraih sukses dengan mengklaim lagu-lagu The Beatles sebagai miliknya.

Karena nama “The Beatles” itu sendiri yang diangkat, mungkin banyak harapan tinggi yang datang dari para penggemar The Fab Four tersebut. Nyatanya, layaknya semua cerita Richard Curtis, Yesterday lebih memilih menjadi komedi romantis yang hangat dan dekat dengan kita. Walaupun memang banyak lagu The Beatles yang disajikan, namun semua itu hanya menjadi pemanis dari cerita cinta tentang kepopuleran dan konsekuensi yang harus dihadapi para musisi. Film ini juga diwarnai dengan kehadiran Ed Sheeran sebagai salah satu karakter penting dalam menggerakkan plot cerita ini, yaitu dirinya sendiri.

Bagi kamu yang hapal lagu The Beatles, penggemar Ed Sheeran, atau sekedar ingin menyaksikan tontonan komedi romansa ringan, maka Yesterday adalah sebuah pilihan yang tepat. Ajak teman atau kekasihmu ke bioskop dan berdendanglah bersama Hamish Patel dan Ed Sheeran karena mau bagaimanapun juga, All You Need is Love.

Untrusted Score: 3,5 out of 5

Leave a Reply